Jumat, 11 Maret 2011

CUSTOMER SATISFACTION


Ini terjadi sore ini .. waktu aku mau beli sesuatu di toko alat tulis ... tidak biasanya klo aku kesini biasanya rame .. sore ini sepi ..
cuma ada 2 cewek pelayan toko plus 2 orang pembeli .. yg satu anak SMU yg lagi fotocopy plus jilid proposal .. yg satu lagi nah ini .. eh ngobrol sama pembeli yg satunya.
Yg bikin aku jengkel yg satu ini malah ngobrol dan becandaan dgn seorang bapak yg sdh berumur keturunan Timur Tengah .. dan sambil towel-2 tangan plus tanya-2 alamat dan tukeran no hp yg bisa dihubungi

Aku dah berusaha tuk tanya dan menanyakan sesuatu tentang yang aku butuhkan tetap diacuhkan .. ekh yg satu lagi sibuk 'n jengkel ama temennya tapi tdk mau ngomong dan negur temennya dan tetap asyik menjilid proposal .. yg satu lagi tdk menghiraukan dan terus ngobrol

Aku tunggu beberapa menit .. masih asyik saja ..
Sampai akhirnya agak sedikit aku kencangkan volume suaraku dan sedikit marah .. akhirnya baru dilayani dan si bapak timur tengah itu cengengesan sambil ngliatin aku .. (sorry aku nggak iri dan pingin seperti apa yg kamu lakukan .. aku cuma mau beli kebutuhan stationary)

Aku jadi berpikir nih orang gmn ?!?
Apa karena tidak ada si "Bos" dia bisa kerja seenaknya .. dan sudah mengecewakan pembeli ???


Pengalaman ini memberikan pelajaran untuk aku yg lagi belajar tuk berbisnis bahwa bukan berarti "pembeli itu raja" .. (walaupun aku agak kurang sreg dgn ungkapan ini karena seolah-2 pembeli tidak bisa punya alternatif lain 'tuk beli ke toko /tempat lain)
Tapi aku lebih sreg dgn istilah "customer satisfaction" (kepuasan pelanggan) .. ini dilihat dan harusnya dilakukan oleh pelaku usaha baik itu pelayan toko sebagai ujung tombak penjualan maupun pemilik usaha ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar